Thursday, March 10, 2016

Patung Sigale-gale

Patung Sigale-gale

Patung Sigale-gale merupakan warisan budaya Indonesia dari Tanah Batak, Patung Sigale-gale dapat menari tortor dengan bantuan sang dalang yang menggerakkannya dari belakang Patung.
salah satu tempat yang bisa kita kunjungi untuk melihat Patung ini menari Tortor adalah di daerah Tomok Pulau Samosir, tempat ini sangat mudah diakses, jika kita ingin menyeberang ke Pulau Samosir dengan kapal ferry dari Parapat kabupaten Simalungun atau melalui jalur darat dari Tele kabupaten Samosir.

Dahulu kala Patung Sigale-gale ini digunakan untuk menghibur Raja Batak yaitu Raja Rahat. Raja Rahat mempunyai Putra tunggal dan kesayangan namanya Si Manggale, Putra Raja ini gugur di medan perang dan karena itulah Raja sangat sedih hingga jatuh sakit, kemudian untuk menghibur hati Raja yang sangat sedih tersebut maka datanglah seorang tabib kerajaan yang mengusulkan untuk membuat sebuah patung yang menyerupai Putra Raja Rahat, kemudian Roh dari Putra Raja Rahat dimasukkan oleh tabib tersebut ke dalam patung dan kemudian patung tersebut menari Tortor diiringi dengan Gondang dan music Batak untuk menghibur Raja Rahat, hal tersebut dilakukan sampai Raja Rahat meninggal dunia.


Parade Patung Sigale-gale
 
Dalang Patung Sigale-gale

Saat ini Patung Sigale-gale tidak lagi digerakkan oleh Roh tetapi oleh seorang dalang, dan digunakan untuk menghibur masyarakat Batak dan para wisatawan yang datang ke Tomok Pulau Samosir.



Wisatawan menari Tortor bersama Sigale-gale






Sampai jumpa di Tomok.. :)
 
 

No comments: