Thursday, February 18, 2016

Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk adalah makanan ringan/jajanan khas Batak yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara.
Nama Sihobuk adalah nama merk dagang yang diambil dari nama desa Sihobuk menjadi merk, tidak terlalu berbeda dengan kacang lain, namun kacang tersebut telah dipilih dan dipilah untuk dijual. Kacang sihobuk telah menjadi oleh-oleh terkenal, bahkan sampai ke luar negeri.
Kacang sihobuk tersebut (tanpa dikuliti) dimasak di kuali besar yang telah diisi dengan pasir, diaduk atau digongseng supaya kacang masak, dan garing secara merata.



Kacang Garing Sihobuk


Yah, kacang sihobuk merupakan salah satu buah tangan atau oleh-oleh yang wajib hukumnya untuk dibawa sekembalinya kita mengunjungi kota tarutung ibukota kab.Tapanuli Utara.Dan hal ini memang telah menjadi fenomena kota tarutung dari dulu-dulunya dan salah satu yang membuat kota tarutung menjadi terkenal kerana hadirnya kacang sihobuk tersebut.

Seperti hal lainnya yang dianggap mempunyai fenomena akan memiliki sejarahnya tersendiri , demikian juga kacang sihobuk memiliki sejarah tersendiri terkait dengan penamaannya.Sihobuk merupakan salah satu nama desa yang ada di Tarutung,dan akibat dari sebuah bencana desa sihobuk ini menjadi porak-poranda, nah untuk mengenang kejadian tersebut masyarakat lalu memasak kacang dan kacang tersebut dinamai kacang sihobuk yang kini namanya telah tersiar kemana-mana.

Pada awalnya masyarakat di desa sihobuk yang memang mayoritas petani, membuat kacang sihobuk hanyalah untuk dimakan saja , namun seiring waktu berjalan para masyarakat di desa sihobuk mulai memikirkan untuk mengengolanya dengan serius.Hal ini dapat kita lihat memang begitu banyaknya sekarang para penjual kacang sihobuk di tepi-tepi jalan sekitar daerah silangkitang dan juga di daerah lapo gambiri dan tentunya tidak ketinggalan juga di daerah pusat kota tarutung dan terminal madya tarutung.



Proses Pembuatan Kacang Garing Sihobuk


Proses pembuatan kacang sihobuk dapat dikatakan cukup unik walaupun memakan waktu yang cukup lama, setelah kacang-kacang dipilih kemudian kacang tersebut di rendam beberapa hari dan biasanya direndam selama 2 hari, yang kemudian dilakukan penjemuran untuk kacang tersebut , setalah itu barulah kacang itu di gongseng dengan pasir yang memakan waktu 1-1,5 jam di dalam sebuah wadah yang biasa di gunakan yaitu drum yang terbuat dari besi yang dimana apinya bersumber dari kayu bakar.Dan proses pembuatan inilah yang menjadikan kacang sihobuk memiliki karakter cita rasa yang kuat dan juga garingnya menjadikan kacang sihobuk berbeda dari kacang-kacang lainnya.




Toko Kacang Garing Sihobuk


Untuk itu jangan pernah sekalipun anda lupa untuk membeli serta mencicipi kacang sihobuk disaat anda mengunjungi maupun melintasi daerah tarutung,karena jika tidak anda tidak akan pernah merasakan kacang seenak dan segaring kacang sihobuk.




No comments: